Ruang Tindakan Puskesmas Jatibaru

    STANDAR PELAYANAN PUBLIK LINTAS KLASTER

PELAYANAN GAWAT DARURAT-RUANG TINDAKAN

 

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Persyaratan Pelayanan

a.  Pasien dari poli yang dirujuk ke ruang tindakan terdaftar di RME sebagai pasien ruang tindakan/

b.  Pasien membawa rujukan internal bagi pasien yang berasal dari poli yang merujuk. 

2.

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

a.  Pasien gawat darurat menuju ruang tindakan

b.  Pasien dengan kondisi gawat darurat, akan segera diberikan pelayanan tanpa melalui loket pendaftaran. Pendaftaran pasien darurat dilakukan oleh keluarga pasien di loket

c.  Pasien rujukan dari poli menuju ke apotek sebelum dilakukan pelayanan di ruang tindakan 

d.  Petugas memeriksa pasien

e.  Petugas melakukan informed consent

f.   Petugas melakukan tindakan medis sesuai kondisi pasien

g.  Petugas melakukan observasi jika diperlukan

h. Petugas mempersilakan pasien menuju ke kasir  kemudian menginstruksikan pasien untuk kembali ke ruang tindakan

i.   Petugas melakukan rujukan ke faskes lanjutan (rumah sakit) apabila diperlukan

j.   Pasien dipulangkan setelah selesai diberikan tindakan.

3.

Jangka Waktu Pelayanan

Disesuaikan dengan berat ringannya keadaan pasien.

4.

Biaya/Tarif

a.  Pasien BPJS dengan Faskes Puskesmas Jatibaru ditanggung BPJS

b.  Pasien Umum sesuai dengan Perda Kota Bima Nomor 01 Tahun 2024 Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

 

5.

Produk Pelayanan

Pelayanan tindakan medis/ gawat darurat.

6.

 

 

Penanganan Pengaduan Saran dan Masukan

a.  Pasien/pengguna layanan menyampaikan melalui:

1) Langsung pada petugas

2) Kotak Saran

3) Website : pkm-jatibaru.bimakota.go.id

4) Facebook : Puskemas Jatibaru

b.  Petugas mencatat pengaduan dari pengguna layanan

c.  Pengaduan/ saran dari pelanggan Puskesmas Jatibaru akan diolah dan ditangani oleh Tim Pengaduan dan akan dilakukan umpan balik baik langsung maupun tidak langsung kepada pengirim saran yang mencantumkan identitas. Bila masalah aduan tidak bisa diatasi oleh Puskesmas Jatibaru,  akan dilakukan koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Kota Bima.

 

Foto : Kru Ruang Tindakan 2021, Dari Kiri; Yeni Rahmawati, AMd. Kep, Dyah Ayu AMd. Kep, Suharni, S. Kep. Ns, Isyak Syamsu Rizal AMd. Kep